PSIS Ke Puncak Grup 2

By
Updated: Senin, 18/02/13 21:24
PSIS Ke Puncak Grup 2

PSIS Semarang menepati janjinya untuk mengalahkan tim tamu Persitara Jakarta Utara dengan skor 2-1 di Stadion Jatidiri, Semarang, Senin (18/2) dalam lanjutan pertandingan Grup 2 kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia 2012/2013.

Dua gol tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar ini diciptkan oleh Heri Nur menit 56 dan pemain Morris Power di masa injury time menit 93. Sedangkan gol Persitara dicetak oleh gelandang senior, Enjang Rohiman menit 31.

Mengawali pertandingan dengan tempo sedang dan cuaca mendung, kedua tim tampak hati-hati dalam membangun serangan. PSIS yang mengandalkan serangan lewat duet striker Hari Nur dan Emile Linkers ditopang duo gelandang serang Roby Fajar dan Imral Usman, beberapa kali sempat membahayakan gawang Persitara yang dijaga Ariek. Namun peluang pertama justru didapat oleh Persitara menit ke sembilan melalui sepakan dari Enjang Rohiman. Sayang tendangannya masih melambung.

PSIS gantian memperoleh peluang di menit 11, namun tendangan Emile Linkers masih di atas gawang Persitara. Menit 23, lagi-lagi striker asal Belanda ini gagal mengkonversi peluang menjadi gol, tendangannya masih menyamping dari gawang Persitara. Peluang emas Laskar Mahesa Jenas terjadi menit 25, tendangan keras Imral Usman masih tipis di atas mistar gawang Ariek.

Malapetakan PSIS terjadi di menit 31, sebuah umpan dari lini tengah Persitara ke menuju Enjang Rohiman, tanpa ampun tendangannya mampu menjebol gawang PSIS yang dikawal Goni Yanuar. Di sisa waktu babak pertama, PSIS terus menggempur pertahanan Persitara namun usaha anak-anak asuh Firmandoyo ini masih mentok di pertahanan Persitara yang dikomandoi oleh Kamdem dan Eko Prasetyo.
Hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 untuk Persitara tetap tidak berubah.

Di awal babak kedua, PSIS Semarang yang mengemban misi wajib menang tampak mengurung pertahan Persitara. Hasilnya di menit 56, striker muda Heri Nur berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Gol ini tercipta lewat kerjasama apik dengan Emile Linkers dan lewat tendangan pelan langsung mengecoh kiper Ariek Sulistyo.

Hasil imbang ini membuat kedua tim bermain lebih terbuka, jual beli serangan tampak mewarnai pertandingan. Namun PSIS lebih memegang kendali, Rizky Julian nyaris membuat PSIS unggul namun tendangannya masih di atas mistar gawang Persitara.

Jelang pertandingan pertandingan berakhir, tensi pertandingan berlangsung keras. Bahkan kedua pemain baik dari PSIS Insan Sania dan Persitara Enjang Rohiman harus dikeluarkan wasit karena berkelahi.

PSIS akhirnya bisa bernafas lega, di menit 94 sebuah kemelut di depan gawang Persitara berhasil dituntaskan Morris Power menjadi gol. Gol ini bermula dari tendangan bebas Imral Usman yang disambut tandukan Fauzan, namun bola tidak mampu diamankan kiper Ariek, sehingga Morris langsung mencocor bola kegawang. Sontak gol ini menuai reaksi dari pemain Persitara karena menganggap ada pelanggaran. Namun wasit tetap kukuh pada keputusannya dan mengesahkan gol ini. Skor 2-1 untuk PSIS pun bertahan hingga laga berakhir.

“Saat jeda pertandingan, saya menyampaikan agar para pemain tidak patah semangat dan terus berjuang hingga menit-menit akhir. Hasilnya di paruh kedua, permainan lebih berkembang dan kami berhasil membalikkan keadaan,” ungkap Firmandoyo,  pelatih PSIS Semarang, usai pertandingan.

“Tren permainan anak-anak meningkat. Baik PSIS maupun Persitara sama-sama bermain baik, hanya saja dinodai kepemimpinan wasit,” timpal manajer Persitara Jakarta Utara, H Novi Biki.

Dengan torehan kemenangan ini, PSIS Semarang berhak naik ke singgasana klasemen grup 2 Divisi Utama 2012/2013 dengan 9 poin menggeser Persikabo yang ada di peringkat 2,  dengan 8 poin. Sedangkan tim Persitara harus turun ke peringkat 3 dengan raihan 7 poin.